Jumat, 10 April 2020

Bagaimana Ilmu Data Dapat Bermanfaat di Industri Manufaktur



Manufaktur adalah salah satu dari banyak sektor yang dapat sangat diuntungkan dari ilmu data. Setiap industri entah bagaimana terkait dengan industri manufaktur karena mereka semua bergantung pada barang, baik untuk menjual atau memproduksi produk akhir.

Ilmu data di bidang manufaktur

Ada sejumlah besar data yang hadir hari ini mengenai produk, permintaan, penawaran, preferensi konsumen, produsen dll Applicant Tracking System In Dubai. Alasan utama mengapa semua data ini dapat membantu adalah bahwa industri sekarang dapat memanfaatkan pengetahuan sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan dan permintaan pelanggan mereka tanpa penundaan atau kurangnya kualitas.

Ilmu data dapat membantu mengenai pembuatan dalam banyak hal seperti:

    Perkiraan permintaan
    Kustomisasi produk
    Mendeteksi segala jenis anomali dalam rantai pasokan atau produk
    Pemeliharaan prediktif
    Mengotomatiskan seluruh proses pembelian dan pemesanan
    Menawarkan layanan pribadi yang berbeda kepada pelanggan dan klien

Sumber data untuk industri manufaktur

Data ada di mana-mana dan semua data ini berharga jika digunakan dengan benar. Dalam rantai nilai, seseorang dapat menemukan beberapa jenis data seperti penjualan, pasokan, data pemeliharaan dll. Selain itu, bahkan konsumen menghasilkan banyak data karena, saat ini, banyak peralatan dan perangkat dipasang dengan sensor yang memberikan data tentang produk dan perilakunya. Ini adalah cara terbaik untuk mengetahui tentang kualitas produk dan untuk mengetahui bagaimana dan di mana ada anomali dalam kinerja.

Ada juga banyak data yang ada dalam sejarah pabrik dan sistem ERP karena mereka merupakan sumber data yang bagus untuk kemampuan produksi, operasi, dan pemrosesan. Log Maintainance dan pembacaan mesin, data aset, manual dll. Juga merupakan sumber data yang baik. Jenis data tertentu dapat dikumpulkan dengan menggunakan survei, pusat panggilan, kelompok fokus, dll. Sebagai sarana untuk mengumpulkan data.

Manfaat menggunakan ilmu data dalam industri manufaktur

Ada banyak cara big data dapat diimplementasikan dalam pembuatan dan sebagai hasilnya, seseorang dapat memperoleh banyak manfaat seperti:

    Optimalisasi operasi

Menggunakan data besar dengan benar berarti industri dapat meningkatkan daya tanggap sektor manufaktur secara keseluruhan, menggunakan kapasitas sumber daya secara maksimal, mendapatkan gambaran biaya yang jelas, dan juga mengambil keputusan cepat terkait operasi.

    Mengurangi risiko dalam rantai pasokan

Dengan menggunakan data dari seluruh dunia pada isu-isu politik, ekonomi dan iklim yang berbeda, orang dapat merancang pola rantai pasokan sehingga dapat ada rantai kerja yang efektif dengan mengingat semua kemungkinan lainnya.

    Kurangi biaya

Menggunakan analisis prediksi data, industri sekarang dapat berinvestasi dengan cerdas pada proyek-proyek yang bernilai dan juga fokus pada pembelian peralatan dan mesin yang akan mengurangi biaya produksi dan meningkatkan kinerja keseluruhan sehingga memotong biaya keseluruhan.

    Tingkatkan kualitas produk

Memiliki data yang cukup mengenai wawasan pelanggan tentang suatu produk tertentu dan bagaimana suatu produk berperilaku, seseorang dapat menggunakannya untuk meningkatkan kualitas. Ilmu data juga membantu dalam kustomisasi produk sesuai dengan konsumen dan demografi mereka.

    Layanan purna jual

Saat ini, pemasaran tidak lagi berorientasi pada produk atau berorientasi pabrikan, itu sepenuhnya berorientasi pada pelanggan karena tidak cukup hanya menjual produk, tetapi juga untuk memastikan bahwa pelanggan mendapatkan layanan berkualitas bahkan setelah penjualan. Dengan menggunakan analisis prediktif dan layanan pelanggan, seseorang dapat meningkatkan kualitas hubungan pelanggan-penjual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar